1 min read

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan

Menurut riset terbaru, saat yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah di sekitar jam 10 - 11 pagi. Karena di jam-jam tersebut sinar yang dipancarkan oleh matahari mengandung gelombang Ultraviolet (UV) B yang menghasilkan Pro Vitamin D3. Nah Pro Vitamin D3 yang banyak menghasilkan manfaat untuk tubuh kita, diantaranya:

  1. Mencegah flu & rematik

Sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin D dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dan infeksi. Salah satunya adalah gangguan pernapasan seperti flu dan pneumonia.

2. Meningkatkan sistem imun

Sinar matahari pukul 10 – 11 pagi membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, bebrapa jenis penyakit autoimun dan kanker.

3. Memperkuat kesehatan tulang

Kandungan Pro Vitamin D3 dari sinar matahari memiliki peran penting untuk kepadatan tulang

4. Mencegah autism pada bayi, hal ini bagus untuk ibu yang sedang hamil

Penelitian menemukan bahwa calon ibu yang kekurangan vitamin D saat hamil akan cenderung melahirkan anak yang memiliki gejala autisme. Sedangkan ibu yang memenuhi asupan vitamin D selama kehamilan memiliki potensi untuk memiliki anak-anak dengan IQ tinggi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Sinar matahari yang mengenai mata dapat mengirim pesan ke kelenjar pineal dalam otak dan memproduksi melatonin, hormon yang menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur.

Waktu yang cukup untuk berjemur adalah selama 15 menit. Jadi, jangan lupa untuk berjemur ya guys!

Goalkes

Market Alat Kesehatan Di Indonesia 🇮🇩
Jakarta